Selasa, 16 November 2010

Goa Liang Ayah di Barito Timur

net/Ilustrasi

PALANGKARAYA (EKSPOSnews):  Keberadaan Goa Liang Ayah sebagai salah satu objek wisata di Ampah Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur hingga kini masih belum didukung dengan infrastruktur yang memadai.

"Salah satu objek wisata yang sering dikunjungi warga Barito Timur maupun Barito Selatan adalah Goa Liang Ayah. Sayangnya objek wisata tersebut hingga kini kurang didukung dengan infrastruktur, seperti jalan dan sarana lainnya," kata tokoh pemuda Ampah Kecamatan Dusun Tengah Barito Timur (Bartim), Sofia Ingguriani, di Palangkaraya, Rabu 25 Agustus 2010.

Menurut dia, biasanya objek wisata Goa Liang Ayah itu ramai dikunjungi wisatawan lokal pada saat liburan sekolah, hari-hari besar, dan pada hari-hari tertentu. Tidak saja kalangan muda, namun orang dewasa juga suka mengunjungi objek wisata tersebut.

"Biasanya mereka berombongan berwisata ke Goa Liang Ayah. Karena kondisi jalan kurang baik, kebanyakan wisatawan menggunakan kendaraan roda dua saja," ujarnya.

Tidak itu saja, lanjut dia, untuk masuk menuju objek wisata Liang Ayah tersebut, jalan yang digunakan tidaklah memadai. Kendaraan roda dua yang digunakan tidak dapat masuk sampai lokasi wisata tersebut.

"Untuk masuk ke lokasi objek wisata itu kendaraan terpaksa dititipkan ketempat warga. Karena menuju lokasi itu jalannya tidak bisa dilalui kendaraan roda dua," kata dia.

Dijelaskannya, dalam upaya lebih memajukan objek wisata Goa Liang Ayah, jalan dan sarana lainnya harus diperhatikan. Sebab kalau tidak demikian, maka objek wisata yang cukup menjanjikan itu tidak akan dikenal orang luar.

"Kalau dibiarkan begitu saja, maka keberadaan Goa Liang Ayah yang banyak menyimpan keindahan alam itu tidak akan berkembang, apalagi dikenal orang luar daerah," kata dia.

Dia berharap, pemerintah daerah bersama DPRD Bartim lebih serius memperhatikan lokasi wisata di daerah, terutama sekali sarana dan prasarana infrastrukturnya. Dan keberadaan wisata goa yang ada di Kalteng jumlahnya tidak banyak .

Senada, Sofia Ingguriani, PNS Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Bartim, M Taufik Rahman SP, menambahkan, untuk lebih memperkenalkan wisata Goa Liang Ayah, Pemkab dan DPRD Bartim lebih memperhatikan infratsruktur. (ant)
sumber:http://eksposnews.com/view/12/15574/Goa-Liang-Ayah-di-Barito-Timur.html

1 komentar:

  1. Kunjungi blog saya "PERJALANAN DI TANAH DAYAK /; link back : http://sangkaicity.blogspot.co.id/

    BalasHapus

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx