Kamis, 18 November 2010

Belum apa2 pansus dah minta duit 5m



VIVAnews - Rapat pimpinan pansus angket Century hari ini membahas sejumlah hal, termasuk soal anggaran. Wakil Ketua Pansus, Yahya Secawirya, menyatakan bahwa biaya yang diperlukan oleh pansus kemungkinan mencapai Rp. 5 miliar.

"Mungkin 5 miliar, dengan catatan, sisa dana tersebut akan dikembalikan ke Setjen DPR apabila proses angket berjalan cepat, misal dua bulan selesai," kata Yahya. Anggaran Rp. 5 miliar tersebut akan dialokasikan untuk rapat, insentif rapat, staf ahli pendukung, saksi ahli, dan peninjauan lapangan guna menyelidiki sejauh mana besarnya aset-aset Century.

Wakil Ketua Pansus lainnya, Mahfudz Siddiq, menjelaskan bahwa anggaran Rp 5 miliar merupakan standar minimal pansus. "Dari pengalaman pansus-pansus yang lalu, itu termasuk minim," kata Mahfudz. Dana sebesar itu dianggarkan untuk empat bulan masa kerja, sebagai antisipasi perpanjangan waktu kerja apabila pansus belum dapat menyelesaikan tugasnya selama dua bulan pertama.

"Jika dana tersebut berlebih dan bersisa, maka otomatis akan dikembalikan," ujar Mahfudz. Ia menambahkan, pansus langsung mematok anggaran untuk empat bulan masa kerja dengan resiko kelebihan dana, karena lebih mudah untuk mengembalikan kelebihan anggaran ketimbang mengajukan tambahan anggaran bila ternyata pansus kekurangan dana di tengah proses angket.

"Pansus angket DPT dan BBM dulu bahkan menghabiskan dana di atas 5 miliar," kata Mahfudz. Bagaimanapun, sebelum disepakati, rancangan anggaran sebesar Rp. 5 miliar ini masih harus dibahas bersama oleh seluruh anggota pansus yang berjumlah 30 orang pada Rapat Pleno Pansus hari Senin, 4 Desember, mendatang.

"Soal anggaran merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pimpinan," kata Yahya. Dari total dana Rp. 5 miliar yang dianggarkan, gaji untuk satu orang staf ahli berkisar Rp. 7,5 juta per bulan. Staf ahli yang akan tergabung dalam tim ahli ini, akan diambil dari kalangan independen di luar DPR. Staf ahli yang dibutuhkan berjumlah sepuluh orang.
• VIVAnews
sumber:http://archive.kaskus.us/thread/2926654/0/belum-apa2-pansus-dah-minta-duit-5m

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx