Selasa, 02 November 2010

Ditemukan Kehidupan Multiselular Dua Miliar Tahun Lalu

Ditemukan Kehidupan Multiselular 300x180 Ditemukan Kehidupan Multiselular Dua Miliar Tahun Lalu
Morfologi eksternal (di sebelah kiri) dan (internal morfologi di sebelah kanan) dari spesimen fosil dari situs Gabon / Foto: CNRS (A. El Albani & A. Mazurier)
Dapunta Online – TELAH DITEMUKAN fosil baru dengan berbagai bentuk dan ukuran, menyiratkan bahwa asal usul kehidupan yang terorganisir adalah jauh lebih tua daripada yang umumnya diakui, sehingga menantang pengetahuan terkini tentang awal kehidupan.
Spesies ini ditemukan dan dipelajari oleh tim peneliti multidisiplin internasional yang dipimpin oleh El Abderrazak Albani dari Labolatorium “Hydrogéologie, Argiles, Sols et Altérations” (CNRS / Université de Poitiers). Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Nature pada tanggal 1 Juli 2010, dan gambar temuan tersebut akan ditampilkan pada sampul jurnal.
Jejak pertama kehidupan muncul dalam bentuk organisme prokariotik, yakni organisme lain tanpa inti, sekitar tiga setengah miliar tahun yang lalu. Ini peristiwa besar dalam sejarah kehidupan, ledakan “Kambrium” sekitar 600 juta tahun yang lalu, menandai proliferasi dalam jumlah spesies hidup. Hal ini diikuti kenaikan tiba-tiba konsentrasi oksigen di atmosfer.
Sebenarnya apa yang terjadi antara 3500000000 dan 600 juta tahun yang lalu?
Para ilmuwan memiliki sedikit informasi tentang era yang dikenal sebagai Proterozoikum. Selama periode penting tersebut terdapat diversifikasi kehidupan. Organisme tunggal atau multiseluler diberkahi dengan kehidupan yang memiliki metabolisme kompleks. Makhluk-makhluk hidup berukuran besar berbeda dari prokariota yang terdapat sel-sel yang memiliki inti dan mengandung DNA.
El Albani dan timnya menemukan temuan ini di dekat Franceville di Gabon pada tahun 2008. Mereka telah mengumpulkan lebih dari 250 fosil sampai saat ini yang telah dipelajari secara rinci. Bentuk morfologi mereka tidak dapat dijelaskan oleh mekanisme murni kimia atau fisik. Spesimen ini memiliki berbagai bentuk dan dapat mencapai 10 sampai 12 sentimeter, terlalu besar dan terlalu kompleks untuk prokariota bersel tunggal atau eukariota. Ini menetapkan bahwa kehidupan pada awal Proterozoikum terdapat perbedaaan bentuk tetapi bersama-ada.
Dengan temuan tersebut, peneliti melakukan teknik mutakhir yang memungkinkan mereka untuk menentukan sifat sampel untuk membangun kembali lingkungan mereka. Penyelidikan ion mampu mengukur kandungan isotop sulfur memungkinkan untuk memetakan distribusi bahan organik relatif tepat. Hal inilah yang tersisa dari organisme hidup, yang telah berubah menjadi pirit (mineral yang terbentuk dari besi disulfida) selama fosilisasi.
Ini membantu para peneliti untuk membedakan fosil dari sedimen Gabon (terbuat dari tanah liat). Selain itu, dengan menggunakan ultra-canggih resolusi tinggi scanner 3D (juga dikenal sebagai microtomograph X-ray), para peneliti mampu menyusun kembali sampel dalam tiga dimensi, khususnya menilai ukuran dan struktur internalnya dengan sangat rinci, tanpa mengorbankan integritas dari fosil, karena metode ini non-invasif.
Peneliti mendefinisikan bentuk teratur fosil-fosil tersebut dengan menunjuk ke sebuah tingkat organisasi multisel. Lebih dari 40 spesimen telah dikumpulkan. Hinggal akhirnya mereka menemukan eukariota multiselular tertua yang terus diteliti sampai saat ini.
Sampai sekarang, telah diasumsikan bahwa kehidupan multiselular terorganisasi muncul sekitar 0,6 milyar tahun yang lalu dan yang sebelum itu bumi dihuni oleh mikroba (virus, bakteri, parasit, dan lain-lain). Penemuan baru ini memindahkan kursor dari asal usul kehidupan multisel kembali ke 1,5 miliar tahun dan mengungkapkan bahwa sel-sel mulai saling bekerja sama untuk membentuk lebih kompleks dan lebih besar struktur dari organisme bersel tunggal. [*] DPT

sumber:http://www.dapunta.com/ditemukan-kehidupan-multiselular-dua-miliar-tahun-lalu.html

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx