Sabtu, 16 Oktober 2010

Japan

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang membujur dari timur laut ke selatan. Luasnya kira-kira 377.829 km persegi. Jepang ini sedikit lebih luas dengan Finlandia dan Italia, n ampir sama luasnya ama negara Montana. Jepang punya 4 pulau utama, yaitu Hokkaidou, Honshuu, Shikoku, dan Kyuushuu. Pada masa Restorasi Meiji ( jadi inget anime Samurai X, ya …^_^) populasi penduduk Jepang sekitar 33 juta jiwa. Dan pada tahun 1996, menjdi 124.914.373 jiwa, yang merupakan negara dengan penduduk terpadat no. 7 di dunia.

Musim di Jepang

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 17, 2008
Seperti yang udah kita ketahui semua, Jepang punya 4 musim, yang artinya Jepang merupakan daerah subtropis.
Ada musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim dingin. Setiap musim punya namanya sendiri-sendiri dalam bahasa Jepang.
Musim Semi : Haru
Haru
Haru
Musim Panas : Natsu

Natsu
Musim Gugur : Aki
Aki
Aki
Musim Dingin : Fuyu
Fuyu
Fuyu

Perayaan di Jepang

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 17, 2008
Perayaan khas Jepang emang cukup terkenal di dunia. mulai dari Hanami, Oshogatsu, Hinamatsuri, Koinobori, dan masih banyak lagi deh.
Hanami adalah perayaan yang dilakukan ketika bunga Sakura mekar. orang-orang biasanya pesta ria di sekitar pohon-pohon Sakura yang lagi mekar itu.
Oshogatsu ini adalah perayaan terbesar di Jepang. Sebenernya Oshogatsu adalah merayakan tahun baru, tanggal 1 Januari. Tapi mereka, orang-orang Jepang, merayakannya dengan cara yang lain. Kalo kita mungkin cuma niup terompet aja, kalo mereka bener-bener meriah loh!
Hinamatsuri adalah perayaan yang disebut juga perayaan anak perempuan. Jadi dalam perayaan ini, setiap rumah yang ada anak perempuannya, menghias rumah mereka dengan boneka-boneka perempuan yang disebut boneka Hina. Tujuan diadakannya perayaan ini adalah agar anak perempuan itu menjadi anak yang baik budi, dan cantik seperti boneka Hina ^_^
Klo Hinamatsuri dirayain untuk anak perempuan, Koinobori ini dirayain untuk anak laki-laki. Yang unik, saat perayaan, dipasang bendera-bendera berbentuk ikan Koi di depan rumah. Tujuannya diadakan perayaan ini adalah anak laki-laki menjadi seorang anak yang berani dan kuat seperti ikan Koi.
Ditulis dalam Tak Berkategori | 1 Komentar »

Sakura

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 17, 2008
Sakura disini bukan salah satu tokoh di anime Naruto loh.
maksudnya emang bener-bener bunga Sakura. Setuju ga, kalo bunga Sakura ini emang cantik banget? warnanya yang pink, membuat bunga Sakura jadi tambah kirei aja! ^_^
Nah, biasanya, kalo bunga Sakura lagi mekar, orang-orang berbondong-bondong berpesta ria di sekitar pohon-pohon Sakura itu. Tradisi ini disebut Hanami, yang artinya melihat bunga.
Hanami
Hanami

Onsen

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 17, 2008
Mandi? Kok mandi aja pake dibahas sih?
Eit, jangan salah, Onsen ini juga termasuk daya tarik negeri Sakura loh.
Onsen adalah tempat pemandian air panas yang banyak terdapat di Jepang. Di Jepang memang disediakan tempat-tempat seperti ini agar orang-orang yang datang kesana bisa rileks dan dapat bersantai setelah beraktivitas yang super padat.
Orang Jepang percaya, bahwa setelah mandi di pemandian air panas, mereka akan merasa segar kembali, dan dapat melakukan aktivitas lagi dengan semangat. Dan memang terbukti.
Kalo belum percaya, kamu-kamu bisa dateng ke Ciater, tempat pemandian air panas di Indonesia sini. Setelah kita berendem n mandi di sana, badan jadi terasa lebih seger, kan? ^_^
Tentu aja, di Onsen ini, laki-laki sama perempuan tempat mandinya dipisah. Tapi belakangan, di Jepang juga udah ada tempat pemandian yang tempat mandinya disatuin antara laki-laki dan perempuan. Ya mungkin karena mereka udah biasa kali, ya, jadi bukan hal yang aneh lagi.
Yang penting lagi, Onsen ini biasanya bertempat di daerah pegunungan, dengan pemandangan yang aduhai banget…!!!

Cosplay

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 17, 2008
Wah, kayanya udah sering ngedenger kata ini ya?
Cosplay itu sebenernya, berdandan semirip mungkin dengan tokoh anime Jepang. Kalau kamu-kamu pernah berkunjung ke acara yang berkaitan ama ke-Jepang-an, kamu mungkin bisa ngeliat temen-temen kita berdandan mirip tokoh kesayangannya. Semakin mirip dandanannya, tentu aja semakin keren ^_^
Di Indonesia sendiri, udah banyak anak-anak muda yang ikut Cosplay. Mungkin kamu adalah salah satunya ^_^
Disini, ada beberapa foto anak-anak muda di Jepang yang sedang ber-Cosplay ria. Dijamin keren-keren! ^o^
Ditulis dalam Tak Berkategori | 1 Komentar »

Harajuku Style

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 16, 2008
Nah, klo yang ini, adalah dandanan anak muda yang “tabrak sana-sini”. Tapi jangan salah, mereka berdandan kaya gitu, bukan tanpa perhitungan. Mereka juga memperhatikan fashionnya. Ya, fashion ala Harajuku tadi. Tapi emang harus akuin, keren-keren.
Sebenernya, Harajuku itu apa sih? Harajuku itu sebenernya adalah nama daerah di Toukyou. Nah, daerah ini, emang tempat nongkrongnya para anak muda yang berdandan lain daripada yang lain. Karena mereka nongkrongnya di Harajuku, makanya dinamain Harajuku Style deh… ^_^
pengen tau kaya gimana dandanan ala Harajuku?
silakan liat sepuasnya! ^_^
Ditulis dalam Tak Berkategori | 1 Komentar »

Foto-Foto Artis

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 16, 2008
Nah, setelah tadi cape baca-baca, kenapa kita ngga refresing sedikit?
kita liat beberapa foto-foto artis Jepang yang emang imut n keren. ^o^

Ayumi Hamasaki
mika nakashima
Mika Nakashima
Erika Toda
Erika Toda
Oguri Shun
Oguri Shun
Aragaki Yui
Aragaki Yui
Aya Ueto
Aya Ueto
Larc~en~Ciel
Larc~en~Ciel
Ryo Nishikido
Ryo Nishikido
Utada Hikaru
Utada Hikaru

Beasiswa di Jepang

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 16, 2008
Jepang emang negara yang maju. Orang-orangnya pun pinter-pinter. Makanya, klo kita pengen pinter juga, kenapa ga sekalian aja belajar di Jepang bareng sama mereka? ^_^
Jepang sering memberikan penawaran beasiswa bagi kita, khususnya para pelajar di Indonesia yang berprestasi. Banyak jalur beasiswa yang bisa kamu pilih untuk belajar disana. Kalau pengen tau lebih banyak lagi, kenapa ga hubungi Japan Foundation aja?
Japan Foundation adalah tempat dimana kita bisa nanya-nanya seputar Jepang sekaligus beasiswanya. Di Japan Foundation juga kita bisa memperoleh info tentang ujian kemampuan bahasa Jepang, Nouryokushiken. Yang namanya nouryokushiken ini sebenernya ga beda jauh ama TOEFL bahasa inggris. ya mungkin bisa dibilang, TOEFL-nya Jepang kali ya. Nah, klo kamu-kamu bisa ikutan ujian ini, dan lulus, maka kesempatan kamu untuk nyari ilmu di Jepang, atau bekerja di tempat yang ada hubungannya ama Jepang, jadi lebih lebar. Asik, kan? ^_^

Bahasa Jepang

Ditulis oleh japanesethings di/pada Juli 16, 2008
Bahasa Jepang memang unik. Huruf-hurufnya tidak menggunakan huruf latin, melainkan huruf kepunyaan mereka sendiri.
huruf-huruf Jepang yang sering digunakan diantaranya Katakana, Hiragana, Kanji. Nah, khusus huruf Kanji, huruf ini diambil dari dataran Cina sana. Jepang juga sebenernya suka pake huruf latin. Mereka nyebut huruf latin ini dengan nama Roomaji.
Nah, sekarang, kita bakal bahas satu per satu jenis-jenis huruf Jepang yang udah disebutin di atas.
Katakana
Huruf ini digunakan oleh orang Jepang, apabila mereka menulis kata-kata serapan yang berasal dari bahasa asing. Singkatnya, kalau bukan bahasa Jepang asli, mereka pake Katakana. Contoh kata-kata yang pake Katakana, diantaranya nama orang asing, nama kota yang bukan di Jepang, bahasa-bahasa serapan yang udah digunakan sama orang Jepang sehari-hari pun, pake Katakana.
Hiragana
Huruf ini adalah huruf asli Jepang. Jadi, huruf ini sering banget digunakan orang Jepang untuk menulis.
Kanji
seperti udah disinggung sebelumnya, huruf ini diambil oleh Jepang dari Cina. Karena Jepang dulu terpengaruh oleh Cina, maka huruf Cinanya pun jadi ikut kebawa. bentuk huruf ini lebih rumit daripada Katakana atau Hiragana. Banyak orang asing yang belajar bahasa Jepang yang keteteran ama Kanji ^_^ . Tapi kalo kita belajar sungguh-sungguh, pasti bisa kok. Bagi yang sedang belajar bahasa Jepang, ganbatte kudasai ne…!!!
sumber:  http://jepangasik.wordpress.com/category/tak-berkategori/

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx