Rabu, 19 Januari 2011

Alasan Dibalik Pemblokiran Facebook di Arab Saudi

image 2810 Alasan Dibalik Pemblokiran Facebook di Arab SaudiAksi pemblokiran situs jejaring sosial Facebook oleh pemerintah Arab Saudi, membuat banyak pengguna tak dapat mengakses akun mereka. Mereka yang ingin mengunjungi Facebook hanya menemukan pesan error. Dibalik pemblokiran facebook itu, karena adanya pelanggaran nilai konservatif di negeri itu.
Berdasarkan keterangan yang konon didapat dari sumber di Communications and Information Technology Commission (CITC), Facebook diblokir karena melanggar nilai-nilai konservatif di negeri kaya minyak itu. Namun demikian, waktu pemblokiran amatlah singkat, hanya beberapa jam saja.
Menanggapi kabar tersebut, CITC secara resmi telah membantah sengaja menutup Facebook. Mereka memang mengakui beberapa wilayah di negaranya tak dapat mengaksesnya, namun semata karena masalah teknis.
“Macetnya Facebook adalah error yang terjadi secara tidak sengaja dan mempengaruhi akses di beberapa wilayah dan kembali normal segera sesudah diperbaiki,” ucap Sultan Malik, juru bicara CITC dari Arab News, Senin (15/11/2010).
Malik pun menjamin otoritasnya tidak akan mengganggu akses Facebook. Operasi situs ini dijanjikan bakal berjalan seperti biasa di negara kerajaan tersebut.
“Tidak ada perubahan terhadap Facebook di kerajaan Arab Saudi, situs ini akan tetap beroperasi seperti biasanya,” pungkas Sultan Malik. Sedangkan dari pihak Facebook, belum ada komentar apapun mengenai masalah ini.
Di sisi lain, beberapa negara memang sempat bermasalah dengan Facebook. Tahun 2010 ini, tercatat Pakistan dan Bangladesh pernah memblokir situs jejaring terpopuler itu. Sebabnya, beberapa konten di Facebook dianggap melanggar nilai-nilai agama di sana. (Detik.com

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx