Sabtu, 12 Februari 2011

Sinetron “KACANGAN” Kena Protes Warga Media Sosial




1297528846284898701
Facebook.com
Sudah bertahun-tahun ini sinetron menguasai jam tayang pada saat prime time. Menjual mimpi, tema yang dangkal, resolusi konflik yang simplistis, membuat kita dan keluarga kita di paksa untuk menonton yang sama sekali tidak mendidik bahkan seringkali menyesatkan. Sudah banyak penolakan terhadap sinetron picisan seperti ini, namun penolakan itu belum menjadi suatu gerakan yang masif sehingga mampu mempengaruhi mereka yang terlibat dalam produksi dan penayangan sinetron seperti itu. Maka, mari kita lawan! - Gerakan Anti Sinetron Kacangan (GASAK)
Genderang perang pada Sinetron Kacangan oleh komunitas media sosial Indonesia dengan mulai ditabuh. Pernyataan diatas penulis kutip dari Facebook Gerakan Anti Sinetron Kacangan (GASAK). Sebuah penyataan yang tegas dan lugas untuk memerangi berbagai tayangan Sinetron Kacangan atau anak sekarang mengistilahkan sebagai Sinetron GAZEEBO (Gak Zeelas Bok!).
Virus Sinetron ini memang sudah sangat mengganggu para memirsa Televisi Nasional. Hampir semua Stasiun Televisi Nasional pada jam prime time (18.00-22.00 WIB) menyuguhkan tayangan Sinetron yang hampir semua masuk kategori Sinetron GAZEEBO. Bahkan akhir-akhir ini sebuah Stasiun Televisi Nasional No. 1 di Indonesia – RCTI, menampilkan tayangan Sinetron Putri Yang Ditukar dalam 3 episode langsung setiap harinya, dengan Jam Tayang 19.30 – 22.00 WIB.
12975291211384466726
Modifikasi Jadwal Sinetron Putri Yang Ditukar - http://www.rcti.tv/
Tayangan Sinetron Putri Yang Ditukar dengan memutar langsung 3 episode dalam setiap harinya, sungguh sangat meresahkan pemirsa Televisi Nasional. Hal ini bisa kita pantau dalam sebuah pengaduan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI – kpi.go.id).
Berikut ini beberapa kutipan pengaduan Pemirsa Televisi kepada KPI:
Andri (DKI Jakarta) : Pembodohan dari Sinetron Putri Yang Ditukar
Sinetron Putri Yang Ditukar DH, Terkait dengan judul Sinetron ”Putri yang di tukar” mohon kepada KPI untuk dapat mereview sinetron tersebut karena telah melakukan pembodohan bagi orang2 yg menontonnya. Kenapa saya bilang pembodohan: - secara tidak langsung alur cerita mendidik/mengajarkan bagaimana seseorang memilihara/berbuat Dendam kemudian Berbuat Jahat tanpa tersentuh jerat hukum… dengan pembalasan dendam hal adalah yg terbaik. - Adegan2 yg tidak layak dimana pada saat jam tayang tsb berbarengan dimana anak2 menontonnya juga. - Dan hal2 lain yang tidak mendidik Hal ini juga sudah ada di forum kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6990446 Mohon agar KPI dapat merespond dan memberi teguran kepada RCTI maupun produser sinetron tersebut agar hal2 yg di tayangkan agar lebih masuk akal dan lebih mendidik selain karena jam tayang berbarengan dimana anak2 menontonnya pula.
Kamis, 10 Pebruari 2011
lia (Jawa Barat) : sinetron
KPI yang terhormat, Mengapa tidak ada teguran sama sekali untuk program sinetron Putri yang Ditukar di RCTI, padahal telah banyak sekali pengaduan perihal tayangan tersebut. Sinetron tersebut sangat tidak mendidik karena menceritakan tokoh utama seorang anak yang kerap berbohong dengan dalih demi kebaikan (padahal dalam ajaran apapun, yang namanya berbohong itu adalah tidak benar! perilaku yang harus ditinggalkan. sebaliknya kebenaranlah yang harus ditegakkan apapun resikonya). Tokoh utama tersebut juga kerap membela orang-orang yang berbuat jahat. (Demi dalih apapun, kejahatan itu ada sanksinya!). Sinetron ini harus dihentikan. Jangan sampai anak-anak Indonesia mencontoh perilaku yang demikian. Mohon KPI bertindak tegas dan jelas.
Rabu, 09 Pebruari 2011
Iki (Jawa Tengah) : Program Sinetron
Pada program “Putri yang Ditukar” menayangkan sinetron yang tidak mendidik, isinya hanya cerita yang tidak logis, hanya berisi kedendaman, kejahatan, cerita yang tidak bermutu. tolong segera di nonaktifkan sinetron berlebihan yang tidak bermutu. terima kasih
Selasa, 08 Pebruari 2011
Erry Septiawan (Pilih Provinsi) : Sinetron
KPI Yg terhormat, Mohon untuk ditertibkan program tayang Sinetron di beberapa TV Nasional yang sangat tidak mendidik, terutama pada jam tayang 19.00-22.00 WIB. Banyak sekali pada sinetron tsb yang tidak rasional, seperti backgroun musik yang seola-olah orang mau berkelahi atau situasi yang gawat padahal percakapannya hanya biasa saja, dan juga pada jam tsb adalah jam belajar dari anak. Selain itu durasi jam juga harap dtertibkan, ada satu judul yang jam tayangnya sampai 3 jam setiap hari. Mohon ini ditertibkan. Terima kasih
Selasa, 08 Pebruari 2011
idol (Pilih Provinsi) : sinetron
Kok, bisa ya sinetron seburuk “putri yang ditukar” ditayangkan di stasiun televisi sekelas RCTI????? tidak ada nilai-nilai yang dapat diambil dari sinetron tersebut selain menampilkan para tokoh-tokoh bodoh, bodoh, dan bodoh. Bagaimana anak-anak Indonesia mau maju kalau yang ditonton cuma tontonan macam begini????? Sudah jam tayangnya lama tidak mendidik pula!!! Kalau KPI tidak percaya, tontonlah!!!!!! dijamin puas!!!
Selasa, 08 Pebruari 2011
Arya Hadinata (Jawa Timur) : Kekerasan Pada Anak
Mohon diperhatikan unsur “Kekerasan Anak” Pada Sinetron Putri Yang Ditukar Untuk Dikurangi. ini adalah contoh link video http://www.youtube.com/watch?v=X9chP8GS4jE . Saya sendiri adalah penonton setia tayangan tersebut karena pada awalnya bagus mampu menampilkan peranan orang tua kepada anak dalam kehidupan. tapi adanya beberapa unsur kekerasan membuat saya agak sedikit keberatan jika banyak adegan seperti itu dalam sinetron yang ditonton banyak orang dan berbagai umur. Harapan saya agar unsur kekerasan tersebut dikurangi atau bahkan ditiadakan. Karena saya sendiri menonton acara tersebut dengan anak saya. terima kasih.
Selasa, 08 Pebruari 2011
Nina Suryani (Pilih Provinsi) : Sinetron
Sinetron Putri yang Ditukar semakin tidak bermutu. Setelah pernah menginjak makanan, kini artis Citra Kirana pemeran tokoh Mesya menyiram orang tua yang menjadi pengemis. Sungguh adegan yang tak pantas. Kemudian, secara umum sinetron ini penuh dengan kedengkian, kebohongan, fitnah, kekerasan verbal, yang semuanya sangat tidak mendidik. Mohon KPI untuk memperingatkan RCTI dan produser sinetron ini agar tak terus menerus menebar kebencian, kebohongan dan kekerasan sinetron Putri yang Ditukar di layar kaca. Terima kasih.
Rabu, 02 Pebruari 2011
winata gigih (Pilih Provinsi) : sinetron
ketika saya menontonnya, banyak kejadian yg tidak logis, dan alur yg tidak jelas shingga membuat cara berpikir kita mjd bodoh. kemudian isi yg ada dlm sinetron itu hanyalah memunculkan sifat2 jelek manusia, sperti dendam, egoisme, adu mulut, saling mengancam, percekcokan, dll. hal ini sangat mengganggu mengingat frekuensi yg digunakan RCTI adalah milik publik dn publik berhak mendapatkan siaran yg bermutu. dn yg paling parah, sinetron trsebut disiarkan dprime time, dmn waktu tersebut adalah waktu keluarga yg tentunya trdapat buah hati kita semua yg ikut nonton. apakah anak2 anda mau mjd orang yg jahat sperti yg dicontoh dlm sinetron tsb? (tanya hati nurani anda)mengingat sinetron tsb berlangsung 3jam setiap hari. rekomendasi saya sinetron trsebut dihentikan ato jika drasa susah cukup dsiarkan jam 11 malam keatas saja. trimaksih mohon dtanggapi.
Rabu, 02 Pebruari 2011
1297528878851488427
Facebook.com
Khusus untuk Sinetron Putri Yang di Tukar yang ditayangkan oleh Stasiun Televisi RCTI setiap hari 3 episode (19.30 – 22.00). Disamping menuai protes para memirsa yang dilayangkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), para aktivis di media sosial Indonesia pun sudah meluncurkan sebuah sindiran keras di Facebook lewat Gerakan Koin Untuk Artis Putri Yang Ditukar.
Pertanyaanya, masihkan stasiun Televisi Nasional akan terus mengandalkan Sinetron Kacangan atau Gazzebo dalam tayangan Prime Time-nya, meski sudah banyak protes dari kalangan pemirsa? Semoga KPI bisa turun tangan dan bertindak lebih keras dan tegas lagi……
Twitter: @rofiq70
FB: arofiq aja
Contoh tayangan Sinetron Putri Yang Ditukar:



sumber:http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2011/02/12/sinetron-%E2%80%9Ckacangan%E2%80%9D-kena-protes-warga-media-sosial/

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx