Jumat, 05 Agustus 2011

Face Recognition Jenis Pohon Dengan Smartphone


1587712 Face Recognition Jenis Pohon dengan Smartphone
Ilmuwan menciptakan aplikasi Leafsnap untuk mengenali jenis tanaman. 
Ada aplikasi smartphone yang diciptakan untuk membantu perkembangan ilmu botani. Aplikasi yang bernama Leafsnap ini berfungsi mengenali jenis tanaman.
Cara kerjanya menggunakan teknologi facial recognition. Gambar daun tanaman difoto dan diunggah ke server. Dengan algoritma tertentu, aplikasi ini kemudian membaca bentuk dan karakteristik daun.
Melalui ‘perpustakaan digital’ dari Smithsonian Institution, dalam waktu detik aplikasi ini akan menampilkan nama spesies serta foto beresolusi tinggi dan informasi mengenai bunga, buah, dan biji tumbuhan tersebut.
Ini adalah aplikasi 
mobile pertama yang diciptakan ilmuwan untuk mengidentifikasi jenis tanaman. Aplikasi ini dapat diunduh gratis untuk digunakan di iPhone dan iPad.
Penggunanya bisa share jenis tumbuhan yang mereka temukan untuk membantu pemetaan dan persebaran tumbuhan. Ini tentu akan membantu ahli botani dalam menemukan berbagai spesies baru. Masyarakat umum di seluruh dunia juga dapat membantu perkembangan dunia botani.
Leafsnap diluncurkan Mei lalu, dan langsung digunakan untuk mengidentifikasi semua jenis pohon di Central Park New York dan Washington’s Rock Creek Park.
Bulan pertama sejak peluncurannya, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 150.000 kali. Penciptanya, John Kress, dari Universitas Columbia dan Universitas Maryland berharap aplikasi ini akan dapat segera bisa digunakan untuk ponsel Android. [mor]
sumber:  teknologi.inilah.com

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx