Jumat, 21 Oktober 2011

Status FACEBOOKmu Harimaumu!

Status FACEBOOKmu Harimaumu Status FACEBOOKmu Harimaumu!
Banyak orang yang ingin menjadi ‘selebriti dunia maya’, dan Facebook menawarkan platform untuk melakukannya. Namun, apakah profil anda dapat merepotkan pekerjaan kita? Setiap saat, selalu saja ada contoh-contoh paling baru, mengenai kesalahan pada social networking dan efek negatif yang bisa mengganggu karir kita. Ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan atau katakan pada Facebook. Beberapa contoh dibawah ini adalah sikap yang dapat merusak hidup profesional kita.

Komentar Status mengenai bos kita

Bisa jadi suatu saat anda menjumpai kondisi yang tidak menyenangkan dengan atasan. Walaupun menuliskan status mengenai hal itu bisa memberikan komentar dan acungan jempol pada Facebook, namun anda akan mendapatkan masalah besar jika kolega dan atasan anda mengetahuinya.

Komentar status mengenai pekerjaan anda

Ini adalah masalah besar jika dikeluhkan. Mengeluh mengenai betapa membosankannya pekerjaan anda adalah tindakan yang sangat tidak cerdas, terutama jika anda meng’add’ kolega sebagai teman. Adalah hal yang sangat tidak dianjurkan untuk membiarkan segala kekesalan, emosi, dan kegalauan anda dibaca dan diketahui di seluruh dunia, karena anda tidak pernah tahu siapa yang dapat mengakses status kita. Satu contoh yang sangat gegabah adalah, dia kehilangan pekerjaannya karena berkata di status, bahwa gajinya sangat besar, namun pekerjaannya membosankan. Tentu saja, tawaran pekerjaan tersebut langsung ditarik.

Ketahuan sedang berpesta ketika seharusnya kita sedang sakit.

Dorongan untuk memposting apapun di facebook adalah sangat menggiurkan. Bisa jadi temen anda langsung mengunggah foto-foto anda yang sedang berpesta pada malam hari sebelumnya. Namun ini akan menjadi masalah, ketika anda menjadi terlalu lelah dan sakit untuk bekerja, namun temen anda men’tag’ foto-foto pesta kita di Facebook, lengkap dengan komentar teman. Hal ini akan menyulitkan anda sewaktu menyerahkan surat keterangan sakit dari dokter kepada atasan atau personalia.

Mengklaim telah mencapai level baru pada Facebook Poker di Jam 01:15 siang ketika seharusnya anda sedang bekerja keras

Sayangnya, segala sesuatu yang dilakukan pada Facebook membutuhkan waktu, dan ini dapat menimbulkan masalah jika waktu kerja dicampur-adukkan dengan waktu Facebook. Jika Divisi IT diberi mandat untuk menghasilkan rekaman waktu yang diluangkan pada internet, maka ini akan menjadi masalah bagi siapapun yang sering berfacebook pada waktu kerja.

Gambar profil yang tidak pantas

Walaupun banyak orang yang dapat mengatur profilnya, sehingga hanya teman yang dapat melihat post wall dan album foto, namun foto profil anda bisa dilihat oleh siapapun. Pasanglah foto yang pantas, sebab foto tersebut merepresentasikan kepribadian anda, dan hal tersebut menampilkan aset pesona anda kepada publik, demi keuntungan anda sendiri.
Memang, Facebook menghubungkan kita semua satu sama lainnya. Namun, hal ini dapat merusak reputasi kita jika tidak dikelola dengan baik.

Tidak menggunakan Bahasa Inggris bukan berarti tidak ada yang tahu*

Walaupun status kita ditulis dengan Bahasa Indonesia, hal tersebut bisa dideteksi juga oleh Google Translate, atau dengan jasa penerjemah lain. Google Translate memiliki fitur deteksi bahasa otomatis, yang bisa mendeteksi bahasa kita apa. Namun, walaupun kita menulis status dengan menggunakan bahasa yang tidak dapat dideteksi Google Translate, misalnya dengan bahasa daerah, bukan berarti tidak ada yang tahu apa artinya. Bahasa daerah kitapun juga dipelajari oleh Universitas-universitas top di dunia ini, dan tentu status itu tetap bisa dibaca teman-teman kita yang memahaminya. Bukannya tidak mungkin, dengan semakin ‘besar’nya platform Google, maka bahasa daerahpun kedepannya akan diinkorporasikan juga kedalam Google Translate. Oleh karena itu, baik bahasa apapun yang kita gunakan, tulislah status yang positif atau memotivasi.

Diterjemahkan secara bebas dari http://www.helium.com/items/1508687-can-facebook-get-you-fired

0 comments:

Posting Komentar

"Silahkan berkomentar kawan,,, karena komentar anda sangat berarti pada blog ini, semoga bermanfaat, terima kasih ~,~"

  • Template
  • By
  • My FacebookHerytab
  • xxx